Di susun oleh

A.Istiawati,S.Pd.Si

(Guru SD Ihsaniyah 1 Pusaka Tegal)

Morning is Amazing

Kesuksesan akhirat dan dunia tentu saja menjadi idaman sebagian besar manusia. Sukses akhirat berarti diselamatkan oleh Allah SWTdari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga. Sementara sukses dunia biasanya diukur dengan kecukupan harta, kesehatan nan prima, harmonisnya keluarga dan mempunyai pekerjaan yang mapan.

Kita pun sering terkesima dengan nama-nama tokoh yang telah meraih kesuksesan. Akan tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa kesuksesan mereka adalah buah dari perjuangan dan penderitaan yang mereka jalani dan dapatkan. Mereka adalah manusia-manusia yang ketika berada di titik terbawah kehidupan tetap tegar dan bangkit mendaki puncak kesuksesan.

Jika kita mendapati diri saat ini belum mencapai puncak tangga kesuksesan, inilah saat yang tepat untuk mulai mendakinya. Adapun cara pertama adalah dengan mengubah apa yang ada dalam diri kita berupa pola pikir, karakter, sikap dan kedisiplinan. Jika kita sudah mendukung diri kita untuk sukses, barulah sekitar kita akan berubah menjadi kapal mengantar kita menuju pulau kesuksesan. (Muhammad Syakir: 2017).

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada mereka sendiri” (Ar-Ra’du:11) .

Adapun salah satu kunci kesuksesan yang harus kita miliki adalah pemanfaatan waktu yang baik dan prioritas amal.

Morning is amazing! Inilah saat yang diberkahi. Di waktu ini tersedia begitu banyak amal ibadah yang akan mengantarkan kita menuju surga nan abadi. Rasulullah SAW pun mendoakan agar umatnya diberkahi diwaktu pagi. “ Ya Allah,berkahilah umatku di waktu pagi”. (HR.At-Timidzi)

Menaklukan Musuh Sejati

Pada saat tidur kita melepaskan semua lelah dalam diri kita. Oleh karenanya, ketika waktu sepertiga malam tiba banyak sekali godaan dan tantangan yang menghadang seseorang untuk bangun dari tidurnya. Rasulullah SAW bersabda, “ Setan mengikat tengkuk kepala seseorang dari kalian saat tidur dengan tiga tali ikatan. Dia mengikatnya sedemikian rupa sampai sampai setiap ikatan diletakkan pada tempatnya. (Lalu ia berkata) ‘Malam masih panjang…Tidurlah yang nyenyak…” (HR. Al-Bukhari)   

Untuk memenangkan godaan setan tadi, yang harus kita lakukan pertama kali adalah bangun di penghujung malam. Akan tetapi tidak sekedar bangun. Ada tiga hal yang harus kita lakukan agar ikatan setan di tengkuk kita terlepas. 

Jika dia bangun dan berdzikir kepada Allah SWT maka lepaslah satu tali ikatan. Jika kemudian ia berwudhu maka lepaslah tali lainnya. Dan bila ia mendirikan shalat lepaslah seluruh tali ikatan. Kemudian pagi harinya ia akan bersemangat dan berjiwa baik” (HR. Al Bukhari)

Luar biasa bukan? Hanya dengan melakukan tiga hal di atas, kita bisa mengalahkan tipu daya setan. Kita bisa mendapatkan semangat dan berjiwa baik sebagai bekal bekerja dan berprestasi sepanjang hari.

Keuntungan Lain Bangun Awal Waktu

Dijelaskan Dokter Spesialis Saraf RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, dr. Gea Pandhita, M.Kes, Sp.S, ketika Anda belajar di subuh hari sekitar pukul 5 pagi, yang terjadi kemudian adalah otak mendapat rangsangan baru dan ini baik untuk proses mengingat.(lifestyle.oke zone.com)

            Tidak bisa dipungkiri, ujian yang dilakukan di sekolah atau lembaga pendidikan lain biasanya menuntut kita untuk menghafal. Nah, dengan belajar di jam dini hari, otak belum mendapat banyak rangsangan lain sehingga otak tetap fokus pada apa yang  pikirkan. Sehingga belajarpun lebih optimal.

“Berbeda sekali ketika kita belajar di malam atau siang hari setelah sekolah berakhir. Proses yang terjadi setelah kita belajar akan merusak ingatan yang sudah sengaja Anda simpan di otak,” terang dr. Gea, Kamis 12 April 2018.( health.detik.com)

Sains atau ilmu pengetahuan selanjutnya membuktikan pentingnya bangun pagi yang menyediakan lebih banyak waktu sebelum beraktivitas. Selain beribadah, waktu yang tersedia bisa digunakan untuk melakukan berbagai persiapan. (news.detik.com)
            Dengan persiapan cukup, memungkinkan seseorang tidak terburu-buru yang mencegah fluktuasi emosi dan stres. Efek menguntungkan lain adalah rasa persiapan diri yang meningkat karena selangkah lebih maju, dibanding yang bangun kesiangan sehingga tak punya persiapan. Produktivitas dan kemampuan otak yang baik pada akhirnya membantu memaksimalkan seluruh potensi pada diri seseorang. Dalam jangka panjang, kebiasaan bangun pagi membentuk pribadi seseorang menjadi lebih stabil dan hidup lebih bahagia.(health.detik.com)

Harapan penulis, semoga penulis dan para pembaca khususnya para calon generasi muda yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia akan semakin termotivasi untuk bangun tidur lebih awal serta memanfaatkan waktu dini hari untuk hal yang bermanfaat.

Sumber Rujukan:

Al Qur’an dan terjemahnya

Muhammad Syakir. 2015. Dahsyatnya bangun pagi dan 7 sunah harian. Solo: AISAR Publishing

www.lifestyle.okezone.com

www.news.detik.com

www.health.detik.com