Sampah merupakan masalah bagi masyarakat perkotaan yang hingga kini belum bisa terselesaikan hingga tuntas. Contohnya ketika musim hujan telah tiba, maka masalah yang akan timbul adalah banjir akibat sampah yang tidak diolah dengan benar. Tahukah anda bahwa sampah rumah tangga dapat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan di masa mendatang.

Dari segi macamnya sampah rumah tangga dapat dibedakan menjadi dua yaitu sampah organik yang berasal dari sisa sayuran atau sampah yang bisa di daur ulang dan sampah anorganik (plastik, kertas). Dalam hal ini saya ingin menyampaikan bagaimana pemanfaatan sampah organik dan anorganik yang dihasilkan oleh aktivitas kegiatan rumah tangga.Sampah organik yang berasal dari sampah rumah tangga menjaadi kompos justru banyak mendatangkan keuntungan diantaranya adalah selain lingkungan disekitar jadi lebih bersih juga sangat menguntungkan bagi Anda yang suka berkebun.

Kompos adalah nutrisi bagi tanaman untuk mengembalikan unsur hara secara alami, sehingga tingginya unsur organik dan mikroorganisme dalam kompos serta kemampuannya mempertahankan kelembaban tanah menyebabkan akar tanaman mampu berkembang secara optimal.Dengan menggunakan kompos sebagai pupuk, tanaman bisa tumbuh lebih kuat. Hasilnya lingkungan bebas sampah dan suasana rumah pun terasa lebih asri dan segar karena kontribusi oksigen dari taanaman sekitarnya. Tak heran bila kompos selalu dianggap sebagai alternatif upaya berkebun secara organik. Proses pengolahan sampah organik dimulai dari pengumpulan hingga pengaadukaan sehingga proses pengomposan yang benar dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

sumber : pengolahansampah-enykesling